Home » , , , , » Taman Bunga Sakura di Indonesia

Taman Bunga Sakura di Indonesia

Written By Unknown on Kamis, 06 Juni 2013 | 22.39

Taman Bunga Sakura di Indonesia
Kita pastinya sudah tak asing lagi dengan yang namanya bunga Sakura, walaupun bunga ini bukan berasal dari Indonesia. Nah, untuk kita yang ingin melihat secara langsung bunga indah ini kita bisa melihatnya di Kebun Raya Cibodas yang ada di Kab Cianjur, Jawa Barat. Di sana kita dapat menikmati secara langsung bagaimana keindahan yang dimiliki oleh Taman Bunga Sakura di Indonesia. Taman ini sudah dibangun pada tanggal 16 April 2007 yang lalu, dan memiliki sebanyak 400 pohon Sakura yang ditanam di areal 5 ha. Pohon Sakura ini akan berhenti bermekaran setiap bulan Februari. Umur rata-rata dari Bunga Sakura yang ada di taman ini adalah antara 4-5 tahun, dan memiliki ketinggian antara 3-5 meter. Di taman yang sangat eksotis ini, ada salah satu jenis pohon sakura yang sangat terkenal yaitu Sakura jenis Himalaya aliar prunus cerasoides D Don.
 
Berdasarkan penjelasan yang diberikan oleh Holif Imamuddin, yang merupakan mantan Kepala Kebun Raya Cibodas ini sekaligus pemilik ide pembuatan Taman Bunga Sakura ini, bunga sakura yang terdapat di dalam Kebun Raya Cibodas ini akan bermekaran setiap dua kali dalam kurun waktu satu tahun yaitu pada bulan Januari hingga Februari dan juga Agustus hingga September. Akan tetapi yang masih disayangkan adalah waktu mekarnya yang masih tak stabil, belum seperti Bunga Sakura aslinya di Jepang.

Koleksi awal bunga sakura di Indonesia yang terdapat di Kebun Raya Cibodas ini serta yang paling banyak ada di sana adalah pohon Sakura berjenis Himalaya, yang memiliki nama latin prunus cerasoides D Don. Sementara itu untuk koleksi bunga Sakura yang lain diperoleh dari para peneliti yang berasal dari Jepang yang telah mengunjungi kebun Raya ini. Selain itu, koleksi bunga Sakura ini juga dipreroleh dari pemberian dari pemerintah Jepang di tahun 2004 yang lalu pada Presiden RI saat itu yaitu Megawati. Setelah itu, para pengelola di Taman Sakura tersebut juga melakukan pembiakan bunga sakura sendiri baik itu dengan cara pembiakan stek ataupun dengan biji.

Pastinya hampir seluruh masyarakat Indonesia memiliki keinginan yang lebih besar untuk memahami Bunga Sakura ini lebih jauh. Mereka pastinya sangat penasaran bagaimana sensasi yang bisa mereka dapatkan dari melihat keindahan bunga Sakura ini. Sebelum Taman Sakura di Kebun Raya Cibodas ini dibangun, sebenarnya pohon Sakura ini sudah banyak tumbuh secara liar di dalam kebun Raya Cibodas. Hal ini membuat para pengunjung tak bisa menikmati keindahan yang disajikan oleh Bunga Sakura di Indonesia ini dengan maksimal layaknya di Jepang, negeri asli Bunga Sakura ini.
Share this article :

Posting Komentar

make an animated gif
Subscribe via RSS Feed If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.

Popular post

Translate

ChatBox

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Serba-Serbi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger